Apa itu Essential Oil?

Apa itu Essential Oil? Essential Oil biasa nya digunakan untuk aromatherapy dan salah satu pengobatan alternatif yang menggunakan ekstrak tumbuhan untuk mendukung kesehatan.

Essential Oil atau Minyak Atsiri ialah senyawa yang di ekstraksi dari tumbuhan. Essential Oil mewakilkan wangi atau aroma yang di timbulkan dari tumbuhan yang di ekstrak dan membuat setiap minyak atsiri mempunyai aroma unik nya masing-masing.

Essential Oil di dapatkan dengan cara metode penyulingan atau mechanical method seperti cold press.

Bagaimana Essential Oil bekerja?

Essential Oil pada umum nya banyak digunakan sebagai aromatherapy yang di hirup dengan berbagai cara. Essential Oil sebaik nya tidak di telan. Zat kimia dalam essential oil dapat bereaksi dengan tubuh manusia dengan berbagai cara. Saat di aplikasikan kepada kulit, beberapa essential oil dapat menyerap kedalam kulit.

Menghirup aroma dari Essential Oil dapat merangsang area sistem limbik anda, yang merupakan bagian dari otak anda yang berperan dalam emosi, perilaku, indera penciuman, dan memori jangka panjang.

Sistem limbik sangat terlibat dalam pembentukan ingatan. Ini dapat menjelaskan mengapa bau atau aroma yang akrab dapat memicu ingatan atau emosi.

Sistem limbik juga berperan dalam mengontrol beberapa fungsi fisiologis bawah sadar, seperti pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah. Karena itu, beberapa orang mengklaim bahwa Essential Oil dapat memberikan efek fisik pada tubuh anda.

Khasiat Essential Oil untuk kesehatan

Meskipun digunakan secara luas, sedikit yang diketahui tentang kemampuan Essential Oil untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu.

Berikut adalah bukti mengenai beberapa masalah kesehatan umum yang Essential Oil dan aromaterapi telah digunakan untuk mengobati.

Meringankan Kecemasan

Selensia Essential Oil Relax Fresh

Diperkirakan bahwa 43% orang yang mengalami stres dan kecemasan menggunakan terapi alternatif Essential Oil untuk membantu meringankan gejala mereka.

Mengenai aromaterapi, studi awal cukup positif. Banyak yang telah menunjukkan bahwa aroma beberapa Essential Oil dapat bekerja dengan cara tradisional untuk mengobati kecemasan dan stres.

Menariknya, menggunakan minyak esensial selama pemijatan dapat membantu menghilangkan stres, meskipun efeknya mungkin hanya bertahan selama pemijatan berlangsung.

Meringankan Sakit Kepala

Pada tahun 90-an, dua penelitian kecil menemukan bahwa mengoleskan minyak peppermint dan campuran etanol pada dahi dan pelipis dapat meredakan sakit kepala. Studi terbaru juga mengamati berkurangnya sakit kepala setelah mengoleskan minyak peppermint dan lavender ke kulit.

Terlebih lagi, telah disarankan bahwa mengoleskan campuran chamomile dan minyak wijen ke pelipis dapat mengobati sakit kepala dan migrain.

Namun, diperlukan lebih banyak studi berkualitas tinggi.

Membantu Kesulitan Tidur

Lavender Essential Oil dengan aroma nya telah terbukti meningkatkan kualitas tidur wanita setelah melahirkan, serta pasien dengan penyakit jantung (Article Lavender Fragrance Essential Oil and The Quality of Slee in postpartum women, Article Effect of aromatherapy on sleep quality and anxiety of patients).

Satu ulasan meneliti 15 studi tentang Essential Oil dan tidur. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa mencium Essential Oil – kebanyakan Essential Oil lavender – memiliki efek positif pada kebiasaan tidur.

Memiliki Sifat Antiinflamasi

Telah direkomendasikan bahwa Essential Oil dapat membantu meredakan peradangan.

Dalam satu studi penelitian terhadap tikus, menemukan bahwa menelan kombinasi Essential Oil thyme dan oregano membantu menginduksi remisi kolitis. Dua penelitian tikus pada minyak jintan dan rosemary menemukan hasil yang serupa.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Buy Now!